My story

Wellcome to my blog\(>.<)/

Rabu, 17 Oktober 2012

Makna Sumpah Pemuda


"Makna Sumpah Pemuda"

Sumpah pemudamerupakan suatu peringatan peristiwa sejarah sumpah pemuda yang dibacakan tanggal  28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai “Hari Sumpah Pemudayang di peringati setiap tanggal 28 Oktober.

Sumpah pemuda merupakan sumpah atau janji yang telah diikarkan oleh para pemuda di bumi pertiwi ini.Bahwasanya,sebagai putera-puteri Indonesia harus mengakui atas tanah air,bangsa dan bahasanya.Dalam sumpah pemuda ini para pemuda bersumpah bahwa Indonesia adalah tanah air tumpah darahnya serta bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mempersatukan seluruh tanah airnya.
Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia, SumpahPemuda ialah hari dimana bersatunya para pemuda-pemuda indonesia untuk mengikrarkan tekad mereka untuk bersatu dan berpegang tangan tanpa membedakan suku dan ras tertentu
Meskipun begitu, kini sebagian pemuda bangsa Indonesia tidak lagi begitu memaknai sumpah pemuda, sebagai contoh para pelajar dan mahasiswa di Indonesia yang kini sangat sering melakukan tawuran yang hanya disebabkan oleh masalah-masalah yang sepele yangbisa diselesaikan secara kekeluargaan seperti bermusyawarah tanpa membuat keributan yang menyebabkan kerugian bagi semua pihak. Perpecahan terjadi antar sekolah, antar senior dan junior, masalah diselesaikan dengan kekerasan, sangat berlawanan dengan perjuangan para pmuda dimasa lalu, persatuan dan kesatuan para pemuda yang seharusnya kita terapkan.
Seharusnya kita mencontoh sikap-sikap para pemuda dimasa lampau yang bersatu tanpa memandang perbedaan diantara kita. Marilah kita terapkan rasa persatuan itu, ingatlah selalu, segala sesuatu akan terasa ringan jika kita lakukan bersama]

Isi sumpah pemuda:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


[Sekian dan terimakasih]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar