My story

Wellcome to my blog\(>.<)/

Selasa, 29 Maret 2011

Mimpi(Cerpen)

Mimpi(Cerpen)

Gue mimpi. Gue pasti lagi mimpi...


Nama : Alssya Saufika
Jenis Kelamin : Cowok
Gue langsung kaget waktu Rio neken semua not piano bersamaan dengan perasaan parau.
"Nyokap gue bakal ngirim gue ke sekolah musik sesudah lulus SMP.."
Gue tau ini bukan berita bagus dari dia. Tapi gue udah sering denger tentang ambisi nyokapnya ngejadiin anaknya seorang pianist. Jadi gue udah nebak hari itu bakal dateng. Dan otomatis muka gue berubah jadi sebel sambil ngelanjutin aksi bales dendem gue. Tadinya mau nulis kalo jenis kelamin Rio itu cewek, tapi akhirnya malah cowok. Kalo gue tulis cewek, 'ntar disangkain selama ini gue lesbian. Mending dia yang nggak punya hati itu nggak takut dianggep homo. orang cinta pertama gue dengan sahabat rumah gue itu cuma bertepuk sebelah tangan.

"Huh! Emang dasar nggak punya perasaan !! Eeeerrgghh ... Gue benci sama lo!! DASAR RIOOOOOOO JELEEEK !!!"jerit gue dalem hati.
"Sorry deh gue jelek. Gue emang nggak punya perasaan,"kata Rio tanpa mandang ke arah gue.
Loh?
Loh, loh? Jelas tadi gue jerit dalem hati 'kan? Atau cuma imajinasi doang?
"Yah, gue cuma mikirin diri gue sendiri. Gue sampe stres mikirin cita-cita bijak nyokap ke gue. Padahal 'kan gue cuma punya cita-cita laen yang nggak perlu muluk-muluk."
"Apa?"
"Gue cuma mau lulus SMA."
"Hah? Lulus SMA? Heh.."gue langsung ngeremehin. "kalo cuma lulus SMA mah mana bisa ngalahin gue jadi pelukis terkenal. Gue aja punya cita-cita jadi Sarjana Kesenian."
"SMA Gokuraku,"sela Rio.
Gue langsung diem nyerna apa yang baru aja diomongin Rio.
"Yayasan Gokuraku. Tau 'kan lo? Bahkan lulusan SMA-nya aja hampir setingkat sama lulusan S1-nya PTN biasa. Yayasan cabang dari Jepang yang asramanya nggak jauh dari sini itu.."
"Iya gue tau! Tapi 'kan di sana bukan cuma tempatnya anak pinter, tapi tempatnya anak orang kaya."
"Setiap tahun yayasan itu ngadain beasiswa selama sekolah di sana untuk kalangan orang menengah sampe ke bawah. Tapi cuma untuk kelas 3 SMA doang. Dan gue harus lulus dapet beasiswa itu!"mendadak Rio jadi semangat.
"Tapi... emang nyokap lo mau nyekolahin lo di situ?"
"Makanya gue pake beasiswa! Tunggu sampe kelas 3, nyokap gue bakal mau nggak mau nerima gue sekolah di situ!"
Gue terenyuh sendiri. Sementara Rio kegirangan nentuin jalan masa depannya, gue malah nyender ke piano dengan muka yang sama sekali nggak ada senengnya. Bukannya sirik, tapi itu artinya gue bakal nggak ketemu lagi sama Rio.
"Tenang aja,"kata Rio.
Apanya yang tenang?
Gue malah gondok.
"Hutan cemara ini 'kan nggak jauh dari asrama. Jadi gue bakal ke sini deh kalo lo kangen sama gue..."
Gubrak!
Gue malah di ledek.
"Sialan lo ya! Emangnya siapa yang bakal kangen sama lo?"gue langsung nengulin kepala dia.
Dia malah ketawa-tawa..
***

Mimpi berganti...

Gue berenang di laut sendirian. Laut yang nggak jauh dari hutan cemara itu.
Gue berenang, berenang, dan berenang.
Gue udah nggak sadar lagi gue ada di mana. Kepala gue mulai pusing dan gue terus timbul-tenggelem di tengah-tengah laut.
Ting Ting Ting
Entah gue mulai berkhayal. Suara piano yang sering dimaenin Rio di dalem hutan cemara itu mulai bergema di sekeliling gue.
Denting piano mulai berirama nyanyiin lagunya Beyonce yang judulnya Halo. Cuma lagu itu yang bisa ngingetin gue ke Rio dan sebaliknya karena kami sering nyanyiin lagu itu di dalem hutan.

Remember those walls I built
Well baby the tumbling down
And they didn't even put up a fight
They didn't even make a sound

Suara Rio mulai mengalun.

I found a way to let you in
but I never really had a doubt
Standing in the light of your halo
I got my angel now

Entah kenapa gue mulai terenyuh. Seakan-akan itu nyanyian terakhir dia untuk gue.

It's like I've been awakened
Every rule I had you breaking
It's the risk that I'm taking
I ain't never gonna shut you up ..

Dan saat itu juga gue tenggelem.
Di dalem air itu gue ngeliat sosok seseorang yang selama ini cuma bisa gue liat dari jauh. Rio tersenyum di depan gue. Bukan senyum biasa. Rasanya gue kangen senyuman itu. Senyuman itu yang ngebuat gue bertahan selama ini di samping dia sebagai temen.

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your Halo
You know you're my saving grace
You everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your Halo
Pray it won't fade away

Saat itu juga gue keabisan nafas.
Bluup Bluup..
Itulah nafas terakhir gue sebelum gue mulai melayang. Sempet sebelum mata gue bener-bener nutup, gue liat seseorang baru aja nangkep tangan gue dan narik gue ke pelukan dia. Dan gue nggak bisa nyiratin kekagetan gue lagi waktu muka Rio ngedeket dan berusaha masukin udara ke mulut gue di dalem air.

"Alssya.. Alssya.."gue ngedenger suara yang manggilin gue.
Waktu gue buka mata, Rafa udah ada di depan gue. Dia keliatan panik. Gue langsung keinget kejadian di dalem air. Spontan gue langsung megangin bibir gue dan kebangun untuk jaga jarak dengan Rafa.
"Lo nggak pa-pa?"tanya Rio
"Ng-nggak pa-pa kok."Gue langsung salah tingkah.
Angin semilir di pantai langsung ngebuat gue merinding. Jelas aja, badan gue lagi basah kuyup. Tapi pas gue liat ke Rio, badan dia nggak basah sama sekali.
PLETAKK
Gue langsung dijitak sama Rio.
"Aawww... Apaan sih?!"
"Dasar bego! Udah gue peringatin jangan berenang jauh-jauh, masih aja! Untung gue belum sempet ngabarin ke orang tua lo!"
"Orang tua gue? Eh, jangan,jangan! Gue udah nggak pa-pa kok. Sorry deh, gue lupa..."
Rio cuma manyun kesel. Dia duduk ngadep laut. Gue jadi inget kejadian di laut waktu gue berimajnasi ngeliat dia. Dia senyum... Gue nggak ngerti apa maksudnya.
"Waktu gue tenggelem, lo tau nggak apa yang gue liat?"tanya gue.
Rio langsung nengok.
"Elo,"jawab gue lagi.
Untuk sedetik dia keliatan tertegun, sebelum akhirnya dia malah ketawa sendiri sambil gaya narsisnya.
"Heh, heh, heh,"dia ketawa terkekeh sebelum taunya langsung meledak tawanya. "Hahaha... ya gimana ya, orang ganteng itu s'lalu bikin ngangenin sih. Jadi wajar aja. Hahaha,"dia ketawa narsis.
"Atau.."dia mulai ngaco lagi. "Lo mikir bakal mati pas tenggelem, terus lo ketemu bayangan gue karena lo emang paling punya banyak dosa ama gue! Iya 'kan?"
Hmmh... agaknya gue rada nyesel nyeritainnya tadi.
"Tapi..."dia mulai ngoceh lagi deh!
Tiba-tiba dia ngerangkul gue.
"Sejahat apapun temen, kita s'lalu bisa maafin segalanya selama dia mau minta maaf dan nyeselin perbuatannya 'kan?"dia bisa ngomong segitu dalemnya sambil cengengesan ngebuat gue tercengang. "Bahkan lo udah gue anggep keluarga sendiri, secara ortu kita akrab. Jadi.."gue bener-bener kagum.
"Jadi kalo mau mati, mati aja sono! Jangan ngejer-ngejer gue lagi! Gue udah maafin semua salah lo ke gue kok!"
DOEENG!!!
Nyesel bener gue sempet kagum tadi.
"Emang yang namanya Rio nggak ada yang bener!"
"Tapi lo suka 'kan? Gue ini termasuk cowok langka. Malahan cowok kayak gue ini yang jadi idaman semua cewek. Beruntung lo punya temen kayak gue yang jadi idamannya cewek-cewek.."mulai deh narsisnya.
"Heh, iya. Sialnya gue juga pengen cowok idaman kayak lo,"kata gue.
Rio langsung berhenti ketawa.
"Jangan ge-er dulu lo!"sahut gue. "Cowok idaman gue kayak elo, tapi bukan lo! Gue bukan suka sama lo, tapi gue suka sama orang yang mirip sama lo! Huuh, gitu aja udah ge-er!"
"Siapa yang ge-er?! Gue juga nggak mau sama cewek yang lebih mirip cowok kayak lo! Huh, jangan ge-er ya!"
"Huuuh..."
***
Mimpi berganti lagi. Malem itu...

"Gue suka sama lo.."gue nyatain perasaan gue waktu kami lagi maenin piano yang ada di hutan cemara itu.
Besok paginya gue bakal pergi jauh sama orang tua gue pindah ke daerah lain. Gue takut nggak bisa ngeliat Rio lagi.
"Sorry..."Rio ngejawab singkat sambil ngebelakangin gue.
Hati gue langsung kerasa hancur. Air mata gue pun nggak bisa gue bendung lagi. Dia terus ngalir ke pipi dari balik badan Rio yang seakan nggak mau ngeliat gue lagi. Gue nyoba nggak bersuara. Dan pelan-pelan gue balik badan ninggalin Rio sendirian.
Emang nggak seharusnya hubungan ini berubah... Gue benci diri gue sendiri!
Sekarang air mata itu nggak bisa berhenti ngalir lagi.

Lalu semuanya jadi gelep.
Waktu cahaya mulai bersinar, gue udah ada di tempat lain. Mimpi itu ngebawa gue ke rumah sakit.
"Rio... Rio..."
Gue terus manggilin Rio sambil terisak. Di dalem rumah sakit itu gue terus kayak orang gila. Gue terus nyariin Rio sampe keluar gedung. Gue nggak peduli darah ngucur keluar dari kepala gue. Gue terus berontak dari petugas rumah sakit yang nyoba ngalangin gue terus.

"Rio..."teriak gue di luar gedung.
"Adek, diobatin dulu ya kepalanya,"kata salah satu suster yang terus maksa gue.
"Nggak mau!"gue ngedorong suster itu sampe jatoh.
Uii... Uii... Uii...
Suara mobil ambulans yang nggak jauh dari tempat gue terus ngejerit. Dan waktu itulah gue ngeliat sesosok mayat yang mau dimasukkin ke dalemnya. Mayat itu keliatan pucet banget. Dia dah nggak bernafas lagi. Dan Rio udah ninggalin gue.
"Rio..."
Uii... Uii... Uii...
Ambulans itu mulai ngebawa dia pergi. Gue langsung ngejer ambulans itu.
"Rio... Rio... Rio..."gue terus manggilin Rio di belakang ambulans.
Tapi ambulans itu nggak berhenti.
"Rioo..."teriak gue sebelum gue terjatuh jauh di belakang ambulans yang ngebawa Rio itu.
Dan tinggalah gue sendiri nangis di tengah jalan.
"Rio..."

Mimpi itu lalu berganti pas waktu gue dateng ke pemakaman.
Dengan berat hati gue ngunjungin pusara Rio sesudah semua orang pergi. Saat itu gue belum bisa terima Rio udah nggak ada. Sementara air mata gue udah terkuras abis.
Gue cuma bisa berdiri di depan pusara yang bertuliskan Mario Stevano itu. Tanpa ekspresi gue tatap pusara itu. Tanpa tujuan hidup juga yang kemudian muncul sesudah gue kehilangan orang tua dan sahabat hidup gue.
Gue bukan siapa-siapa tanpa mereka. Dan gue nggak punya tujuan hidup tanpa mereka.
Gue perlahan berbalik untuk ninggalin tempat itu. Sebelum gue pergi, gue noleh ke belakang untuk terakhir kali.
Lalu terlihat dia tersenyum di bawah pohon di deket pusaranya. Ekspresi wajahnya yang muncul sama persis kayak yang muncul waktu gue tenggelem di laut.
Gue masih diem di tempat. Bayangan transparan itu tetep mempertahankan senyumnya juga. Seakan senyum itu ngasih gue sebuah pencerahan, gue rela terus berkhayal Rio ada di depan mata gue.
"Rio.."bayangan itu pun seakan ngeyakinin gue kalo dia bener-bener Rio.
Dan dia berhasil ngebuat gue tersenyum
.:THE END:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar